IT Reviews
You can see all about IT in here

CACHE, SOUTHBRIDGE & NORTHBRIDGE

By Unknown
Cache, Southbridge & Northbridge
Cache L1 & L2
Menurut sejarahnya, intel pertama kali mengeluarkan prosesor berinti 2 pada bulan May 2005, yang ia beri nama Pentium D. Pentium D ini adalah lanjutan dari Pentium 4. Arsitektur prosesor ini menggunakan NetBurst microarchitecture. Clock speed prosesor ini berkisar antara 2,6 hingga 3,6 Ghz dengan bus sebesar 800Mhz. Code namenya adalah Smithfield (generasi 1 dengan 90nm) dan Presler(generasi 2 dengan 65nm). List jenis Pentium D ini bisa dilihat di sini. Kelemahan prosesor ini adalah setiap inti berdiri sendiri dengan cache nya masing-masing, sehingga antara inti satu dengan inti yang lain tidak bisa bekerja sama. Selain itu prosesor ini di klaim user sebagai seri pentium yang paling boros listrik. (100watt untuk prosesor saja)
Keluarga CPU Intel yang memiliki arsitektur dual-core. Beberapa seri yang sudah tersedia, di antaranya Pentium D 840, 830, dan 820 yang memiliki clock dari 2,80 sampai 3,20 GHz dengan FSB 800 MHz. Dengan L2 cache yang dimilikinya 2x1 Mb. Dengan dual-core, diharapkan mampu melakukan pemrosesan data dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, processor ini telah dilengkapi dengan EMT64T (Extended Memory 64 Technology) yang mendukung operating system dan aplikasi 64-bit.
Dual Core E2140Conroe 1,6 GHz, FSB 800MHz, Prosesor generasi 65nm, L2 Cache 1024kb.
• dual core memiliki L2 2MB sampai 4MBYorkfield terbaru dari base Penryn memiliki L2 6MB X 2 atau 12MBSedangkan Bloomfield dan gainstown dari base Nehalem belum memiliki kejelasan dari kapasitas L2, mungkin sekitar 8MB.
• Pentium dualcore untuk notebook sebenarnya adalah Intel Core Duo (Yonah) yang dipotong L2 cachenya manjadi 1MB dan memakai FSB 533MHz. (cek list here). Sedangkan pentium dualcore untuk Desktop adalah Allendale yang dipotong L2 cachenya menjadi 1MB dan hanya memakai FSB 800MHz (serinya E2xxx).

Southbridge & Northbridge
· SOUTHBRIDGE Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.

· NORTHBRIDGE Chipset yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express.

· Perkembangan tehnologi terus menghadirkan chipset-chipset baru, dan biasanya yang ditawarkan chipset-chipset baru itu adalah penambahan fungsi dan dukungan terhadap hardware yang baru. Contohnya saja beda Chipset intel i915 dengan i945 hanya pada dukungan jenis prosesor, tipe memori dan jumlah PCI 1x ; i915 bisa DDR1/DDR2, PCI 4 buah, dan hanya mensupport Pentium4, sedangkan chipset i945 hanya bisa DDR2, PCI 1x berjumlah 6 buah dan mensupport Pentium4 dan PentiumD.

• prosesor: Intel Pentium D 2,66 Dual Corechipset: southbridge VIA PT880 ProNorthbridge VIA VT8237
• Chipset
Intel® chipset - Northbridge: Intel® P35 Express chipset (with Intel® Fast Memory Access technology) - Southbridge: Intel® ICH9R
• Duo/Pentium® Extreme/Pentium® DNorthbridge Chipset NVIDIA nForce 680i SLI MCPSouthbridge Chipset Data Not Available
 

0 comments so far.

Something to say?