IT Reviews
You can see all about IT in here

DUALCORE

By Unknown
PENGERTIAN
• Maksud dari processor dual core adalah processor yang mempunyai 2 inti di dalam satu die (silicon processor).
• Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
KEUNGGULAN DUALCORE
• Kelebihan dari dual core sendiri adalah, secara teknis dia dapat melakukan dua perintah atau eksekusi dalam satu clock.
• Keuntungan dual core terutama pada cache coherency. Dengan dual core, komunikasi antara kedua die dapat dilakukan pada clock rate yang lebih tinggi dibandingkan jika memanfaatkan bus di luar chip.
KELEMAHAN DUALCORE
• Namun, di balik kelebihannnya tersebut, dual core bukan tanpa kekurangan. Di antara kekurangan itu misalnya membutuhkan operating system (OS) yang mampu mengoptimalkan kinerjanya. Setidaknya kemampuan OS untuk mengoptimalkan SMP (symmetric multi-processing). Selain itu, dibutuhkan juga aplikasi yang sudah mendukung pengoptimalan prosesor ini.
• Secara teknis pun dapat dikatakan, dual core sebenarnya tidak akan membuat detak komputer (clock speed) jadi lebih cepat daripada prosesor single core yang mempunyai clock speed tinggi. Dual core hanya akan meningkatkan operasional pengguna PC saja.
• Selain itu, masih ada masalah lisensi untuk beberapa software dan sistem operasi. Terutama untuk kebutuhan perusahaan. Lalu akankah PC dengan dual core processor ini akan terhitung sebagai PC dengan multi processor? Ataukah masih dapat menggunakan lisensi single processor?.
DUALCORE DARI INTEL
• Prosesor dual core dari Intel untuk desktop diluncurkan dengan nama kode Smithfield yang memiliki kecepatan 3.2 GHz dengan masing-masing core dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB. Chip yang dinamai Pentium D tersebut memiliki kecepatan clock jauh lebih rendah dari CPU core tunggal 3.8 GHz, seperti seri 570 dan 670.
• Untuk itu, pada Intel Pentium D juga dilakukan peningkatan branch prediction unit. Dengan memperbaiki kinerja branch prediction unit, akan membuat prosesor dapat bekerja secara optimal dan memperkecil kemungkinan kesalahan.
SPESIFIKASI DUAL CORE YANG DITELITI

• External hardware Broadcom 5751*2
Realtek ALC882M
6*Serial ATA II, 3*PATA
Silicon Image Sil3132 SATA II controller
GigaRAID ITE8212 IDE RAID controller IEEE1938 1394b

Internal I/O Connectors : 1 x U-Plus D.P.S connector
6 x Serial ATA II 3.0Gb/s connectors
1 x UDMA ATA 100/66/33 connectors
2 x UDMA ATA 133/100/66 connectors
1 x FDD connector
2 x IEEE1394b connectors (supports 3 ports)
2 x USB 2.0/1.1 connector (supports 4 ports)
3 x Cooling fan pin headers
1 x Game/Midi connector
Blue Toothr
 

0 comments so far.

Something to say?